Close Menu

Change Language

Close Language Selection
Berita Thursday, 20 October 2022

Emas di Prediksi Mengalami tekanan di Kanada pada Minggu ini

Harga emas dalam Dollar Kanada akan mengalami masalah besar minggu ini. Hal ini disebabkan oleh analisa para analis dimana Kanada di prediksi akan menaikan suku bunganya sebanyak 75 basis poin pada minggu ini.

Kenaikan suku bunga ini dipicu oleh tingkat inflasi yang belum mereda. Harga emas di Kanada lebih baik jika dibandingkan dengan harga di Amerika, dalam 1 bulan terakhir, harga emas di Kanada menguat 1%, sedangkan di Amerika harga emas melemah 2.8%.

Pada minggu ini, data makro yang akan dirilis merupakan data inflasi, dimana data tersebut akan memberikan dampak positif dan negatif secara bersamaan. Tingkat inflasi secara anual terlihat menurun pada bulan September. Inflasi September berada pada angka 6.9%, turun dari 7% pada bulan Agustus, namun jika data harga bahan makanan di hitung, maka harga pangan naik menjadi 5.4% dari data Agustus 5.3%.

Dengan rilisnya data-data ini, para analis percaya bahwa bank sentral Kanada akan kecewa dan bertindak dalam mengambil keputusan-keputusan untuk bisa menekan tingkat inflasi yang terus meningkat. Untuk menekan tingkat inflasi, Bank sentral Kanada merupakan bank sentral petama yang mengetatkan kebijakan moneternya dengan menaikan sukubunga hingga 300 basis poin.

 

Para pelaku pasar akan melihat bagaimana kebijakan moneter dari bank sentral Kanada minggu ini, para pelaku pasar memprediksi bahwa suku bunga akan dinaikan sebanyak 50 - 75 basis poin, dimana hal ini akan berdampak negatif terhadap harga emas.

Sumber : KitcoNews