Close Menu

Change Language

Close Language Selection
Berita Wednesday, 22 September 2021

Harga Emas Berada di Bawah Tekanan Menyusul Penurunan 2% dalam Penjualan Rumah AS

Pasar emas terus berada di bawah tekanan dan di bawah level psikologis kritis $1.800 per ounce bahkan ketika sektor perumahan AS mendingin sesuai dengan ekspektasi, menurut data terbaru dari National Association of Realtors (NAR).

Rabu, NAR mengatakan bahwa penjualan rumah yang ada turun 2% ke tingkat penjualan 5,88 juta rumah pada Agustus, turun dari laju penjualan Juli sebesar 5,99 juta rumah. Namun, penurunan penjualan rumah sejalan dengan ekspektasi ekonom.

Laporan tersebut mencatat bahwa ini adalah bulan kedua penurunan berturut-turut dalam penjualan rumah. Tahunan tingkat penjualan turun 1,5% dibandingkan dengan Agustus 2020.

Pasar emas tidak melihat traksi bullish dari penurunan penjualan rumah yang ada. Emas berjangka Desember terakhir diperdagangkan pada $1.774,10 per ounce, turun 0,23% hari ini.

Menurut Lawrence Yun, kepala ekonom penjualan NAR turun karena harga perumahan naik bulan lalu dan persediaan terus menurun.

"Meskipun terjadi penurunan pembelian rumah, calon pembeli keluar dan mencari, tetapi lebih terukur tentang batas keuangan mereka, dan hanya menunggu persediaan lebih banyak," katanya.

Melihat harga rumah, NAR mengatakan bahwa median harga rumah yang ada untuk semua tipe rumah pada bulan Agustus adalah $356.700, naik 14,9% dari tahun lalu.

Sementara pasokan rumah untuk dijual terus menyusut. Laporan itu mengatakan bahwa persediaan rumah untuk dijual bulan lalu berjumlah 1,29 juta unit, mewakili pasokan 2,6 bulan.