Close Menu

Change Language

Close Language Selection
Berita Monday, 06 May 2024

Investor Emas Menunggu Kepastian Kebijakan Moneter The Fed Selanjutnya, Emas Stagnan

Harga emas terjebak di range harga $2.300an setelah para pelaku pasar melakukan aksi profit taking dalam jangka waktu pendek. Menurut para analis, para investor emas memerlukan kejelasan dari the Fed mengenai pemotongan suku bunga yang sepertinya tidak akan terjadi pada musim panas ini.

Sepertinya pergerakan bullish emas sudah mulai mereda dan membutuhkan katalis baru berupa kepastian dari the Fed mengenai kebijakan moneter mereka kedepannya. Harga emas sendiri sedang berada pada kisaran $2.300 per oz atau melemha sebesar 1% dari Jumat kemarin. Meski emas mengalami penurunan signifikan selama 2 minggu terakhir, harga emas sekarang sudah lebih tinggi 15% dari harga pertengahan Februari ini.

Para investor mulai mempertanyakan bagaimana kelanjutan dari kebijakan moneter dari the Fed setelah pada hari Rabu minggu lalu mereka menentukan tidak ada perubahan suku bunga. Suku bunga yang berlaku sekarang ini berada di rentang 5.25% sampai dengan 5.5%. Para bank sentral memberi signal bahwa mereka belum siap untuk melakukan pemotongan suku bunga karena tingkat inflasi masih terbilang cukup tinggi.

Meski terjadi penundaan penurunan suku bunga, Jerome Powell mengatakan bahwa sudah terlihat jelas bahwa suku bunga tidak akan lebih tinggi dari rentang yang sudah ada sekarang.

Harga emas sendiri secara teknikal terlihat akan dapat diperdagangkan di kisaran $2.300 per oz atau bahkan menguji $2.230 sebagai supportnya. Emas harus mampu bertahan diatas $2.300 agar bisa kembali melanjutkan penguatannya dan kemudian akan menguji angka $2.390 per oz.

Sumber : KitcoNews