Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Beli Emas Sekarang? Belum Terlambat!

Beli Emas Sekarang? Belum Terlambat!

News 1 Oct

"Harga Emas belakangan ini tidak bisa dianggap terlalu tinggi, terutama di tengah tekanan oleh para pembuat keputusan di berbagai negara yang ingin memberi berbagai stimulus ekonomi seperti mencetak uang, penurunan bunga, dan berbagai kondisi politik. Faktor-faktor tersebut membuat emas berada di posisi menarik sebagai pelindung portfolio investasi anda dan sekarang ini masih terbilang belum terlambat untuk masuk ke investasi emas. Ada baiknya jika kita menyimpan investasi yang bank sentral tidak bisa produksi.” Ujar Ray Dalio dari Bridgewater Associates pada report di September ini.

Pegerakan emas yang sempat naik ke $2.075 per oz tahun ini merupakan pergerakan harga yang baik. Harga emas sendiri sudah mengalami kenaikan sekitar 30% year to date terhadap US Dollar dan mengalami kenaikan yang serupa jika dibanding kan dengan beberapa valuta asing lainnya. Jika dibandingkan dengan beberapa krisis sebelumnya, emas masih memiliki potensi kenaikan yang cukup signifikan, bahkan jika di bandingkan dengan kondisi dimana stimulus ekonomi yang di berikan pada depresi ekonomi sebelumnya, emas sempat bergerak naik hingga tiga digit. Hal ini merupakan salah satu dasar alasan mengapa pergerakan emas sekarang ini masih terbilang baru di mulai.

Emas adalah salah satu aset yang mampu melindungi investor dari depresiasi nilai uang yang di akibatkan oleh pencetakan uang dan turunnya suku bunga. Valuta sedang dinilai terpuruk dibandingkan emas, dikarenakan banyaknya uang yang anak di cetak dan harus di belanjakan untuk menggantikan penghasilan yang hilang selama krisis berlangsung. Beredarnya uang akan mengakibatkan inflasi. Beredarnya uang di pasaran juga tidak sebanding dengan kondisi rill ekonomi yang tetap mengalami pelemahan.

Dalam konteks ini, emas masih tidak terlalu mahal untuk di beli sekarang. Emas juga bisa melindungi para investor dari berbagai potensi konflik regional. Para Investor tidak di sarankan untuk menunggu hingga koreksi harga terjadi lagi, karena ada kemungkinan jika itu terjadi, maka sudah terlambat. Emas sudah akan melanjugkan pergerakannya ke atas. Alasan kenapa saat ini market emas terlihat kecil adalah karena minimnua likuiditas di pasar emas. Hal ini disebabkan masih sedikit investor yang mengalihkan investasinya ke aset emas. Jika market sudah besar, maka harga yang terbentukpun akan semakin mahal.

 

Sumber : Kitco News