Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Emas Mencapai Titik Tertinggi Mengikuti Penurunan Data Sentimen Konsumen

Emas Mencapai Titik Tertinggi Mengikuti Penurunan Data Sentimen Konsumen

Pasar emas melihat beberapa permintaan baru dan tekanan pembelian teknis dengan harga yang terdorong di atas level resistensi penting mengikuti data sentimen konsumen yang mengecewakan.

University of Michigan mengatakan pembacaan awal Indeks Sentimen Konsumen turun menjadi 70,2, dari nilai 81,2 pada bulan Juli. Data jauh dari ekspektasi karena prediksi konsensus memperkirakan pembacaan sentimen konsumen yang hampir tidak berubah.

Pasar emas tampaknya mendapat keuntungan besar menyusul buruknya optimisme konsumen. Prospek emas pada bulan Desember terakhir diperdagangkan pada $1,775.70 per ons, meningkat 1.37% hari ini.

Harga emas diperdagangkan mendekati sesi yang tinggi mengikuti penurunan tajam dalam Indeks Sentimen Konsumen Michigan. 

"Konsumen merasa tidak percaya diri pada dua minggu pertama bulan Agustus," sebut Richard Curtin, direktur survei sentimen konsumen, pada laporan survei sentimen konsumen.

Curtin mengatakan bahwa sentimen jatuh lebih dari 13% dari level bulan Juli. "Selama setengah abad terakhir, indeks sentimen hanya mengalami kerugian yang lebih besar pada enam survei lainnya, semuanya berhubungan dengan perubahan negatif ekonomi yang mendadak," katanya.

"Kerugian pada awal Agustus tersebar pada pendapatan, usia, dan taraf pendidikan dan diobservasi di berbagai daerah. Lebih lagi, kerugian mencakup seluruh aspek ekonomi, mulai dari keuangan pribadihingga prospek ekonomi, termasuk inflasi dan tingkat pengangguran. Ada sedikit keraguan bahwa tingkat peningkatan pandemi yang disebabkan oleh varian Delta berpengaruh pada logika dan emosi masyarakat. Konsumen cukup wajar untuk mengira bahwa performa ekonomi akan meredup selama beberapa bulan ke depan, namun peningkatan luar biasa pada penilaian negatif terhadap ekonomi juga menggambarkan respon emosional, umumnya dari harapan bahwa pandemi ini akan segera berakhir," tambah Curtin.

Melihat komponen dari laporan tersebut, Current Conditions Index menurun hingga 77.9, dari nilai 84.5 pada bulan Juli. Indeks Ekspektasi turun menjadi 65.2 dari 79.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa konsumen mengharapkan inflasi untuk tetap berada pada level yang tinggi. Ekspektasi inflasi selama setahun adalah sebesar 4.6%, dari 4.7% pada bulan Juli.