Close Menu

Change Language

Close Language Selection
Berita Saturday, 25 March 2023

Emas Semakin Berpotensi untuk terus menguat

Harga Emas di Prediksi terus menguat, emas telah mengalami penguatan sebanyak 9% dalam sebulan terakhir. Mari simak beberapa alasannya :

  1. Krisis Perbankan di Amerika

Beberapa bank besar di Amerika seperti Silicon Valley Bank, Silvergate Bank dan Signature Bank mengalami kolaps. Ketiganya kolaps setelah tidak berhasil menahan penarikan dana besar-besaran dari nasabah. Emas mendapatkan sentimen positif dari musibah perbankan ini karena para investor semakin tertarik dengan instrumen emas dimana emas dianggap sebagai aset investasi yang aman.

 

  1. The Fed melunak

Dengan adanya krisis perbankan ini, the Fed di prediksi akan melunakan kebijakan moneter mereka Chairman The Fed Jerome Powell mengakui The Fed mempertimbangkan untuk menahan kenaikan suku bunga karena adanya krisis perbankan. Powell juga mengakui krisis perbankan saat ini kemungkinan merupakan imbas ketatnya kredit. Jika The Fed melunak maka hal itu akan sangat menguntungkan emas.

Kebijakan moneter yang dovish atau melunak akan membuat dolar AS melemah dan yield surat utang pemerintah AS turun.

  1. Tingkat Inflasi Amerika Yang Mulai Menurun

Inflasi AS mencapai 6% pada Februari 2023, menurun dari 6,4% pada Januari 2023. Inflasi AS sudah jauh menurun jauh jika dibandingkan dengan tingkat inflasi yang terjadi pada Juni 2022 dimana inflasi tercatat di angka 9,1%

Inflasi merupakan pertimbangan utama The Fed dalam menentukan kebijakan moneternya. Target utama The Fed adalah menurunkan inflasi hingga ke kisaran 2%

Sumber : KitcoNews