Close Menu

Change Language

Close Language Selection
Berita Thursday, 13 April 2023

Inflasi sudah mulai mereda, Harga Emas mulai bergerak menguat

Harga emas kembali menguat setelah tingkat inflasi mengalami pelemahan yang lebih tinggi dibandingkan apa yang diprediksi pada bulan Maret, yang dimana menurut para analis akan memberi the Fed ruang untuk mengakhiri kebijakan moneter mereka yang agresif.

Data Consumer Price Index atau CPI menguat 0.1% pada bulan lalu, setelah sebelumnya menguat 0.4% pada bulan Februari. Data ini tercatat lebih rendah daripada prediksi para analis, dimana mereka memproyeksikan adanya kenaikan sebanyak 0.2% pada bulan ini.

Laporan ini juga menunjukan bahwa dalam 12 bulan terakhir, consumer price meningkat 5.0% pada bulan lalu, atau melanjutkan trend yang meningkat secara perlahan. Data ini juga tercatat lebih rendah daripada apa yang di prediksi para analis dimana mereka memprediksi akan adanya peningkatan sebanyak 5.1%.

Peningkatan ini merupakan yang terendah selama 12 bulan terakhir. Core CPI meningkat sebanyak 0.4%. Data ini tidak termasuk harga pangan dan energi.

Selama tahun 2023 ini, core inflation meningkat sebanyak 5.6%, masih tidak bergerak dari bulan Februari.

Dengan adanya perubahan sentimen dari the Fed ini, harga emas kemabali menguat karena para pelaku pasar melihat adanya potensi untuk the Fed mengubah kebijakan moneter mereka yang sangat agresif beberapa bulan terkahir. Harga emas di perdagangkan di angka $2.042.5 per oz atau menguat sebanyak 1% dalam perdagangan kemarin.

Sumber : KitcoNews