Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Laporan Ketenagakerjaan Amerika Mengalami Perbaikan, Emas Tetap Positif.

Laporan Ketenagakerjaan Amerika Mengalami Perbaikan, Emas Tetap Positif.

Harga emas berada di sisi positif, bahkan setelah laporan ketenagakerjaan Amerika Serikat menunjukan bahwa tingkat masyarakat yang mulai mendapatkan pekerjaan lebih besar daripada yang di prediksi pada bulan Januari.

ADP mengeluarkan laporan bahwa selama bulan Januari, teradapat 174.000 lapangan pekerjaan baru, dimana sebelumnya hanya terproyeksi sebesar 48.000 lapangan pekerjaan.

Adapun peningkatan dari jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan ini tidak begitu terpengaruh terhadap harga emas yang sempat meningkat 0.27% pada perdagangan hari ini.

Data ketenagakerajaan merupakan data yang krusial dan dalam beberapa bulan belakang memiliki volitilitas tinggi. Meski data pada bulan Januari lebih baik daripada prediksi, para ekonom merasa efeknya hanya akan berdampak sementara akibat dari usaha-usaha yang masih terdampak dari pandemi covid-19 ini. Di Amerika sendiri sekarang masih ada sekitar 9 juta penduduk yang kehilangan pekerjaanya akibat pandemi ini.

Menurut Andrew Grantham, Ekonom senior dari CIBC, laporan yang terbit sekarang perlu di kaji ulang. Karena kapasitas ruang pekerjaan seperti restaurant dan bar juga semakin mengecil. Banyak usaha yang akhirnya memutuskan untuk menutup operasionalnya, sehingga jumlah usaha yang masih beroperasi menjadi lebih kecil. Apabila jumlah penyerapan tenaga kerja yang di laporkan sekarang tergolong besar, maka tidak termasuk sebuah perbaikan mengingat pembanding yang di gunakan adalah jumlah usahan yang masih bisa bertahan sekarang.

Sumber : KitcoNews