Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Potensi Pergerakan Emas Minggu Ini. Mampukah Bertahan diatas $1.800 ?

Potensi Pergerakan Emas Minggu Ini. Mampukah Bertahan diatas $1.800 ?

Minggu ini merupakan minggu yang penuh dengan berita-berita yang akan menentukan pergerakan harga emas. Hingga saat ini, emas masih tidak terlalu terpengaruh akan rendahnya suku bunga, pengeluaran pemerintah yang berlebihan dan potensi meningkatnya tingkat inflasi, namun untuk minggu depan kita bisa melihat apakah keputusan the Fed selama ini cukup untuk menahan semua dampak buruk yang di khawatirkan oleh para investor.

Para investor akan memperhatikan apakah data makro ekonomi termasuk data manufaktur dan ketenagakerjaan akan membaik atau tidak. Emas saat ini berada cukup baik setelah berhasil menembus angka $1.800, namun target untuk tahun ini masih cukup jauh yaitu di angka $1.900 per oz. Hal ini di ungkapkan oleh seorang analis bernama Bert Melek.

Hal yang perlu di perhatikan pada minggu ini adalah data ISM Manufaktur dan NFP atau Non Farm Payroll. Jika kedua data ini bergerak naik secara signifikan, maka inflasi tentu tidak dapat di elakan lagi dan hal ini merupakan hal yang baik bagi harga emas. Biasanya jika kedua laporan ini membaik, maka yang terjadi adalah tingkat inflasi berkurang, namun tidak dengan kondisi sekarang. Hal ini di akibatkan oleh the Fed yang terus menahan tingkat suku bunga di angka yang relatif rendah.

Untuk saat ini, emas berada di angka $1.800 yang dimana angka ini lebih rendah 5% dari awal tahun. Beberapa faktor yang memberatkan pergerakan harga emas salah satunya adalah popularitas Bitcoin yang telah membuat para investor memilih untuk berinvestasi ke crypto dibandingkan ke instrumen emas karena nilai timbal balik yang lebih tinggi. 

Agar emas bisa kembali menuju targetnya, Investor perlu mendapat sebuah kepastian bahwa tingkat inflasi memang sudah tinggi dan tidak hanya berupa masa transisi. Jika demikian, maka kita bisa melihat pergerakan emas yang melonjak tinggi dan tentu ini akan menarik para investor lain untuk mulai kembali mengakumulasi emas.

Sumber : KitcoNews