Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Akankah Harga Emas Terus Menguat?

Akankah Harga Emas Terus Menguat?

Harga emas telah melewati harga tertingginya selama 2 bulan terakhir ini, dan sedang menguji titik resistan di angka $1.850 per oz selagi para pelaku pasar menunggu bagaimana peraturan yang akan di tetapkan dalam proses kenaikan suku bunga yang akan di lakukan pada Maret 2022 ini.

Menurut seorang analis, pasar emas akan lebih sensitif terhadap bagaimana pemerintahan Amnerika menjalankan kebijakan moneternya. Meski kita percaya bahwa harga emas sudah mulai memasuki teritori positif, namun banyak ancaman bagi harga emas untuk bisa terkoreksi secara dalam, antara lainnya adalah kenaikan suku bunga dan penguatan mata uang US Dollar. Hal ini di ungkapkan oleh Suki Cooper, analis Logam Mulia di Standard Chartered Bank.

Cooper mengatakan bahwa yang menjadi kendala besar bagi emas sekarang ini adalah, sifat spekulatifnya. Meskipun harga emas telah turun drastis dari harga tertingginya pada tahun 2020, para spekulan masih melihat harga emas akan terus meningkat dan ini akan membuat kebingungan di pasar, berbeda dengan kondisi serupa yang pernah terjadi pada tahun 2015.

Pada tahun 2015, Harga emas sempat terkoreksi dalam setelah berada di teritori positif dan setelah terkoreksi dalam, emas mulai memasuki teritori negatif. Berbeda dengan kondisi sekarang dimana semua masih berspekulasi akan kemana arah harga emas selanjutnya.

Untuk uptade selanjutnya kita perlu menunggu hasil dari pertemuan the Fed mengenai kebijakan apa yang akan di keluarkan sebelum bulan Maret ini.


Sumber : KitcoNews