Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Apakah Emas Dapat dikatakan Sebagai Mata Uang?

Apakah Emas Dapat dikatakan Sebagai Mata Uang?

Apakah emas bisa dianggap sebagai alat pembayaran?

Doug Casey, seorang pakar ekonom mengatakan bahwa sangat disayangkan uang yang sah sekarang berbentuk kertas, bukan emas. Secara historikal, mata uang yang digunakan dalam sejarah peradaban manusia sangatlah bermacam-macam.  Pada jama kerajaan Roma, bahkan lembu dianggap sebagai mata uang yang di gunakan sebagai alat tukar. Garam juga pernah dijadikan sebagai mata uang dan dari sinilah asal muasal bahasa inggris "salary" lahir, yang mana diambil dari bahasa latin dari garam yaitu "sal". Pada peradaban Amerika Utara mereka menggunakan cangkang kerang sebagai mata uang. Pada perang dunia 2, Rokok dijadikan sebagai alat tukar. Oleh karena itu mata uang pada dasarnya adalah sebuah alat tukar yang menyiman sebuah nilai yang diakui bersama. 
 
Setelah melewati berbagai peradaban, logam mulia terbukti sebagai salah satu bentuk mata uang yang terbaik. Baik itu emas maupun perak, namun emas dianggap memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan perak. Aristotle memberikan 5 alasan mengapa emas merupakan mata uang terbaik di dalam 4 dekade terakhir.

1. Memiliki daya tahan yang tinggi.
2. Mampu dipecah tanpa mengurangi nilai.
3. Konsisten / Dapat diukur dengan konsisten
4. Nyaman untuk di gunakan, dibawa dan di simpan
5. Memiliki nilai intrisik yang jelas
 
Hingga saat ini masih belum ada instrumen investasi ataupun mata uang lain yang mampu memiliki nilai yang sama dengan emas. Emas tidak dapat di buat oleh manusia dan hanya bisa di tambang dari dalam perut bumi serta ketersediaannya yang terbatas.

Sumber : Bullion Vault