Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Emas dan Bitcoin, Sama-sama Melindungi Nilai Uang?

Emas dan Bitcoin, Sama-sama Melindungi Nilai Uang?

"Resesi yang terjadi pada 2020 ini telah menimbulkan banyak pengangguran yang akan mengubah pola konsumsi masyarakat. Untuk para investor, ini berarti portfolio yang defensif akan menjadi sebuah rekomendasi yang kuat." ujar Jason Urban, CEO dari DrawBridge Lending, mantan institutional trader di Goldman Sachs

 Kondisi ekonomi, terutama di pasar uang sekarang adalah lebih buruk dibandingkan dengan tahun 2008. Pada tahun 2008, yang terjadi adalah krisis di perbankan sehingga hanya berdampak pada beberapa kalangan. Sedangkan yang terjadi sekarang adalah krisis yang lebih besar. Pada tahun 2008, orang takut kehilangan rumah mereka, atau rumah kedua atau rumah ketiga mereka, namun sekarang jika stimulus ekonomi tidak datang, mereka bahkan tidak tau dari mana uang untuk mereka makan.

Menurut Jason, Bitcoin dan Emas memiliki peran yang serupa sebagai aset yang defensif.

Bitcoin memiliki supply yang terbatas seperti emas. Hal ini menimbulkan ketakutan yang sama di pasar akan kehabisan aset tersebut. Oleh karena itu, tidak ada pihak-pihak yang bisa menurunkan nilai dari aset tersebut. Selain itu ketahanan akan inflasi dan Dollar Amerika juga merupakan kesamaan dari kedua aset ini.

Melihat pemilihan presiden Amerika yang akan dilakukan, dampak dari siapa pemenang pemilu tersebut akan berbeda. Jika Demokrat memenangkan pilpres tersebut, maka akan banyak uang yang disebar di berbagai kota seperti New York, Chicago, Los Angeles, California. Sedangkan apabila Repubican menang, maka uang akan lebih di sebar kedalam bentuk minyak dan gas bumi.

Sumber : Kitconews