Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Emas Rebound ke $1.700an Dalam Semalam!

Emas Rebound ke $1.700an Dalam Semalam!

Harga emas kembali berada di atas $1.700 setelah mengalami koreksi terburuk selama kuartal ini. Terlihat bahwa para investor mengambil kesempatan untuk membeli emas dalam jumlah yang besar pada koreksi masif yang terjadi sepekan kemarin dan membuat harga emas menguat dan kembali ke angka $1.700an per oz. Penguatan harga ini merupakan penguatan yang tidak terduga dan termasuk penguatan tercepat selama sejarah emas. Tercatat kejadian serupa pernah terjadi pada 2012 danmembutuhkan 5 kuartal untuk bisa pulih dan kembali ke harga asal sebelum terkoreksi.

Beberapa faktor yang berkontribusi akan terkoreksinya harga emas di kuartal 1 tahun ini. Meningkatnya suku bunga obligasi 10 tahunan Amerika, Treasury Note, rendahnya tungkat inflasi dan meningkatnya cryptocurrency seperti bitcoin serta pasar keuangan yang sedang menguat menjadi faktor yang membuat harga emas tertekan.

Namun sebaliknya, kenaikan harga yang terjadi kemarin adalah hasil dari proposal Presiden Biden untuk menjalankan project pembangunan infrastruktur yang bernilai $2.3 Trillion. Hal ini di sampaikan Biden pada wawancaranya di Pittsburgh. Project ini di design sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi oleh pemerintahan Biden.

Menurut laporan dari White House, meskipun project American Rescue Plan akan mengubah dan memulihkan warga yang terdampak covid 19, namun akan sulit untuk bisa membalikan keadaan yang terjadi seperti sebelum pandemi Covid-19 ini terjadi. Project ini akan membuka banyak lapangan pekerjaan dan investasi.

Menurut Asosiasi Press Ecoomist memproyeksi bahwa project ini akan meningkatkan pemulihan ekonomi hingga mampu meningkat sebesar 6% pada akhir tahun ini dan apabila benar terjadi dan mampu meningkat lebih dari 6%, maka ini akan menjadi penghalang bagi harga emas untuk kembali bersinar.

Sumber : KitcoNews