Close Menu

Change Language

Close Language Selection
Berita Friday, 17 March 2023

Harga Emas di Australia Menyentuh Rekor Tetinggi

Dengan meningkatnya ketegangan di kondisi ekonomi global, membuat permintaan akan emas menjadi menguat. Salah satu negara yang mengalami kenaikan permintaan salahs atunya adalah Australia.

Harga emas di Australia mengalami penguatan yang sangat tinggi hingga berhasil menembus rekor tertingginya. Harga emas di Australia menyentuh harga tertingginya di angka A$ 2.922,36 per oz, dan kini sedang terkoreksi menjadi di kisaran $2,885 per oz.

Menurut laporan dari Dr Sandra Close, Direktur dari Surbiton Associate, sebuah konsultan pertambangan di Australia, sangatlah wajar apabila para investor mulai kembali masuk ke instrumen emas sebagai aset safe haven seiring dengan ketidakpastiannya kondisi finansial secara global.

Emas merupakan aset safe haven, jika kita memiliki emas, kita tidak berhutang pada siapapun. Hal ini berbeda jika kita menyimpan uang tunai, dimana uang kertas di produksi oleh bank dan hanya akan beredar jika bank mendistribusikannya. Emas juga tidak dapat di hancurkan dan dapat dipindahkan dengan mudah dan tentu di terima secara global.

Kenaikan emas di Australia terjadi setelah harga emas dunia sempat menyentuh $1.900 atau naik sebanyak 4% sepanjang tahun berjalan. Dengan begitu banyaknya masalah finansial yang terjadi sekarang ini, maka emas di prediksi akan menguat jika dibandingkan dengan mata uang US Dollar, dan hal ini tentu menjadi sentimen positif bagi harga emas itu sendiri.

Sumber : KitcoNews