Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Menanti Pemilu Amerika, Harga Emas kemana ya?

Menanti Pemilu Amerika, Harga Emas kemana ya?

Sebentar lagi pemilu Amerika Serikat akan segera di lakukan. Hasil dari pemilu ini sendiri sedikit banyak akan berpengaruh terhadap harga emas. Peter Hug dari Kitco mengatakan, meskipun stimulus ekonomi akan tetap di keluarkan terlepas dari siapapun pemenang dari pemilu ini, harga emas bisa mengalami koreksi yang cukup dalam apabila salah satu kontestan yang kalah melakukan gugatan terhadap hasil pemilu. Gugatan ini tidak hanya akan mempengaruhi harga emas, tetapi akan berpengaruh terhadap pasar saham.

Para pemimpin partai Republican dan Demokrat sedang melakuka negosiasi untuk masa depan stimulus Covid-19. Beberapa senator dari republican menolak hal tersebut, tetapi  Hug berpendapat bahwa stimulus tersebut akan tersalurkan karena terlalu banyak tekanan dari para pengusaha dan negara bagian.

Menurut Hug, tidak peduli siapa kandidat presiden yang terpilih, stimulus ekonomi akan tetap di jalankan dan akan berpengaruh positif ke harga emas. Tetapi kekhawatiran terbesarnya adalah apabila terjadi gugatan terhadap pemenang dari pemilu AS ini. Terutama sudah di ketahui bahwa President Trump tidak berniat untuk melakukan pemindahan kekuasaan dengan baik-baik jika ia kalah pemilu. Jika ini terjadi, maka akan terjadi sentimen negatif di pasar modal, dimana para analis memprediksi sekitar 5%-15% drop. Dan bisa dilihat sebagai peluang untuk masuk ke pasar modal. Sebaliknya, para investor kemungkinan akan menjual emas mereka untuk mengalihkan investasi mereka menjadi saham. Hal ini dapat menyebabkan koreksi harga pada instrumen emas itu sendiri.

Sumber : KitcoNews