Close Menu

Change Language

Close Language Selection
Berita Wednesday, 02 November 2022

Pembelian Emas Bank Sentral Meningkat Selama Kuartal 3

Pembelian emas yang dilakukan bank sentral telah menembus rekor tertinggi pada kuartal terakhir. Laporan ini di keluarkan oleh World Gold Council. Di tengah tingginya pembelian emas kuartala lalu, para pembeli tertinggi tidak dapat di ketahui identitasnya.

Secara total hampir 400 ton emas telah di beli oleh para bank sentral dalam kuartal 3 kemarin, dimana ini mencatat rekor tertinggi dan juga menorehkan rekor kenaikan sebanyak 300% dari periode yang sama tahun lalu. Secara Year to date, para bank sentral membeli 673 ton emas, lebih tinggi dari nilai tahunan sejak tahun 1967, ketima US Dollar masih di dukung oleh emas.

Turki, Uzbekistan dan Qatar menjadi negara yang membeli emas terbanyak, namun ada beberapa kontinental yang tidak di ketahui. Beberapa negara yang tidak melaporkan pembelian emasnya diantara lain adalah China dan Russia. Tidak semua negara memberi data pembelian emas mereka secara publik, namun dari apa yang sudah-sudah, dapat dilihat negara-negara berkembang merupakan salah satu pembeli emas yang tinggi.

Turki telah membeli 31 ton pada kuartal 3 membuat cadangan emas mereka menjadi 489 ton, Uzbekistan menjadi pembeli emas yang konisisten dan menambahkan 26 ton ke cadangan emas negara mereka. Sementara itu Qatar menambahkan 15ton emas sebagai adangan emas negara mereka.

Untuk sekarang ini, harga emas meningkat menguat 0.76% menjadi $1.653,2 per oz.

Sumber : KitcoNews