Close Menu

Change Language

Close Language Selection
Berita Thursday, 10 August 2023

China Borong Emas Demi Dedollarisasi

China terus menunjukan kepada dunia bahwa mereka sedang menantang peran US Dollar sebagai mata uang global. Hal ini di tunjukan dengan tindakan bank sentral China pada bulan Juli, yang terus membeli emas dalam jumlah yang cukup besar.

Bank Sentral China sendiri telah membeli emas selama 9 bulan berturut turut.

Krishan Gopaul, Senior Analis di World Gold Council ,mengatakan bahwa China telah membeli 23 ton emas pada bulan lalu. Ia mengatkan bahwa China telah membeli emas sebanyak 126 ton emas dalam tahun 2023. Tindakan pembelian ini membuat cadangan emas China menjadi 2.136 ton.

Pembelian Emas ini di tujukan untuk membuat gerakan de-dollarization semakin sukses. Sekarang ini terjadi trend dimana negara-negara besar melakukan de-dollarization untuk menguarngi dominasi mata uang US Dollar sebagai mata uang cadangan.

Meskipun China telah membeli emas secara jumalh yang banyak, banyak analis yang melihat bahwa ini masih merupakan tahapan awal bagi China dalam menambah cadangan  emasnya.

Ketika kita membeli emas, maka ini merupakan pernyataan secara langsung bahwa kita memilih instrumen lain selain US Dollar, dan China mengirimkan pesan ke Amerika, bahwa mereka tidak mendukung sistem keuangan global yang di dominasi oleh US Dollar.

Sumber : KitcoNews